FAKTOR-FAKTOR PENDORONG PARTISIPASI REMAJA DALAM MELESTARIKAN KESENIAN KUDA LUMPING DI DUSUN SANGGRAHAN KELURAHAN TLOGOADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Putri, Ridha Amini (2011) FAKTOR-FAKTOR PENDORONG PARTISIPASI REMAJA DALAM MELESTARIKAN KESENIAN KUDA LUMPING DI DUSUN SANGGRAHAN KELURAHAN TLOGOADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang faktor-faktor pendorong partisipasi remaja dalam melestarikan kesenian kuda lumping di Dusun Sanggrahan, Kelurahan Tlogoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan kesenian tradisional kuda lumping di Dusun Sanggrahan dan untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam kesenian tradisional kuda lumping. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi dan bahan kajian tentang kesenian tradisional sebagai salah satu kesenian rakyat yang patut untuk dilestarikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah remaja-remaja penari kuda lumping, pelatih tari kesenian kuda lumping, pawang kesenian kuda lumping, dan tokoh masyarakat Dusun Sanggrahan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga kesimpulan pokok yang dapat peneliti ajukan. Pertama,bahwa aspek perkembangan dalam kesenian tradisional kuda lumping di Dusun Sanggrahan dapat dilihat daribeberapa aspek antara lain pada aspek gerak tarian, musik pengiring, kostum dan tata rias yang digunakan serta manajemen kesenian tradisional kuda lumping di Dusun Sanggrahan, keempat aspek tersebut mengalami perkembangan cukup besar namun tidak mempengaruhi keaslian dari kesenian tradisional kuda lumping. Kedua, faktorfaktor yang mendorong remaja-remaja di Dusun Sanggrahan tergerak hatinya untuk mau melestarikan kesenian tradisional kuda lumping terdiri dari dua faktor antara lain, faktor intern(faktor dari dalam) dan faktor ekstern (faktor dari luar). Adapun faktor intern (faktor dari dalam) antara lain faktor dari diri sendiri dan faktor dari keluarga. Sedangkan faktor ekstern (faktor dari luar) antara lain faktor dari teman sebaya dan faktor dari lingkungan sekitar. Ketiga, nilai-nilai yang terkandung dalam kesenian tradisional kuda lumping antara lain mengandung nilai religius, nilai moral, nilai gotong royong, dan nilai rekreasi. Kata Kunci: Partisipasi, Remaja, Kesenian Tradisional Kuda Lumping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 08 Jul 2015 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22825

Actions (login required)

View Item View Item