INTERAKSI GENG HUMORIEZT TARELO DI KALANGAN REMAJA DENGAN LINGKUNGAN SOSIAL (Studi Di Lodadi, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta)

Prihantoro, Nugroho (2011) INTERAKSI GENG HUMORIEZT TARELO DI KALANGAN REMAJA DENGAN LINGKUNGAN SOSIAL (Studi Di Lodadi, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUGROHO PRIHANTORO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui latar belakang munculnya geng humoriezt tarelo dan eksistensinya di kalangan remaja di desa Lodadi, Ngemplak, Sleman, serta mengetahui interaksi yang ada baik itu yang ada didalam komunitas geng maupun dalam lingkungan sosial setempat. Adapun latar belakang dari kemunculan geng humoriezt tarelo adalah bermula dari suatu interaksi sosial dikalangan remaja desa Lodadi yang sering berkumpul membentuk sebuah komunitas anak muda Lodadi, dengan seringnya berkumpul menjadikan terbentuknya geng. Interaksi sosial sendiri merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan dengan kelompok manusia. Oleh karena itu tentu di didalam geng tarelo terdapat interaksi yang menarik untuk dikaji, baik interaksi internal geng maupun dengan lingkungan sosial setempat. Cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan sampel informan penelitian usia remaja yang tergabung dalam geng humoriezt tarelo. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk mendapatkan data yang akurat dan tepat sasaran. Data yang diperoleh dianalisis dan menggunakan uji validitas salah satunya dengan cara ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Dalam menganalisis data penelitian ini dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman melalui 4 tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa para remaja yang ikut bergabung ke dalam geng humoriezt tarelo mempunyai motivasi yang menjadi dasar mereka tertarik untuk masuk kedalam geng humoriezt tarelo, sesuai dengan hasil penelitian bahwa menurut mereka geng ini merupakan sebuah keluarga, yang setiap saat bisa menjadi ajang curahan hati mereka ketika banyak masalah, alasan lain disebabkan karena pengaruh teman sebaya atau lingkungan dan hanya ikut karena di dalam geng ini bisa menambah teman dan bisa saling membantu. Singkatnya interaksi sosial yang terbentuk berjalan harmonis baik sesama anggota geng maupun dengan lingkungan sosial di desa Lodadi. Hal tersebut terlihat dengan ikut berbaurnya geng humoriezt tarelo ketika ada kegiatan kemasyarakatan ataupun kepemudaan di lingkungan Lodadi. Masyarakat menganggap geng humoriezt tarelo masih dalam batas wajar dalam setiap aktivitas yang dilakukan, jadi masyarakat tidak terlalu terganggu dengan keberadaan geng tersebut. Kata Kunci: Interaksi Geng Humoriezt Tarelo Di kalangan Remaja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 08 Jul 2015 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22820

Actions (login required)

View Item View Item