Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teori Las dasar siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan

Andri, Yudhi Agustinanto (2015) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teori Las dasar siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Andri Yudhi Agustinanto 06503244032.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teori Las dasar siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan Oleh : Andri Yudhi Agustinanto 06503244032 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran teori las dasar siswa kelas X teknik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan; (2) hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar mata pelajaran las dasar siswa kelas X teknik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan; (3) hubungan antara perhatian orang tua dan konsep diri dengan prestasi belajar mata pelajaran las dasar siswa kelas X teknik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan . Penelitian ini merupakan penelitian ekspost facto dengan subjek penelitian berjumlah 97 responden. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2013. Dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu: (1) perhatian orang tua sebagai variabel bebas (X1); (2) konsep diri sebagai variabel bebas (X2); dan (4) prestasi belajar mata pelajaran teori las dasar sebagai variabel terikat (Y). Metode pengambilan data melalui angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan metode Expert Judgment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Taraf signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 0,05. Teknik analisis data meliputi statistik diskriptif, uji prasyarat analisis, korelasi Product Moment. Perhitungan data statistik menggunakan bantuan program komputer SPSS v 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran teori las dasar siswa kelas X teknik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan karena (0.234) lebih besar dari pada (0.202); (2) terdapat hubungan postif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar mata pelajaran teori las dasar siswa kelas X teknik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan karena (0.331) lebih besar dari pada (0.202; (4) terdapat hubungan postif dan signifikan antara perhatian orang tua dan konsep diri dengan prestasi mata pelajaran teori las dasar siswa kelas X teknik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan karena (0.336) lebih besar dari pada (0.202). Kata kunci : perhatian orang tua, konsep diri, prestasi belajar mata pelajaran teori las dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:59
Last Modified: 30 Jan 2019 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22819

Actions (login required)

View Item View Item