PENGGUNAAN JOB SHEET DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK PENGELASAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

ANDRI, PURBO LAKSONO (2015) PENGGUNAAN JOB SHEET DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK PENGELASAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Andri Purbo Laksono 09503247009.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN JOB SHEET DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK PENGELASAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh: ANDRI PURBO LAKSONO NIM. 09503247009 ABSTRAK Proses pembelajaran secara umum pada sekolah masih menggunakan sistem pembelajaran yang terpusat pada guru (teacher centered), menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan partisipasi aktif peserta didik. Implikasinya saat proses pembelajaran suasana cenderung pasif dan prestasi belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu, perlu adanya media dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui model penggunaan job sheet dalam pembelajaran teknik pengelasan di kelas XI Teknik Las SMK N 2 Pengasih. Serta untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik setelah model job sheet dilaksanakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TL SMK N 2 Pengasih. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan dan observasi; (3) refleksi, sesuai dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu: (1) RPP; (2) lembar soal pretes-posttest, (3) lembar penilaian hasil praktik (4) lembar pengamatan proses pembelajaran praktik peserta didik (5) lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran; dan (6) jurnal harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran dengan menggunakan job sheet yang sesuai adalah job sheet diberikan di awal pembelajaran kemudian guru menjelaskan materi pembelajaran dan isi job sheet lalu sebelum praktik dilakukan, guru dan observer melakukan demonstrasi di tiap kelompok yang didampingi. Peserta didik melakukan praktik dengan didampingi guru/observer masing-masing. Selesai melakukan praktik, guru/observer beserta peserta didik pada tiap kelompok melakukan review pembelajaran yang telah dilakukan. Penggunaan job sheet dalam pembelajaran teknik pengelasan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik mulai dari pretest, siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut 5,35; 6,78; 7,65; 7,92 dengan Gain (peningkatan) di tiap siklus berturut-turut 1,43; 0,87 dan 0,27. Persentase nilai rata-rata pengelolaan pembelajaran untuk aspek kegiatan guru meningkat 13 % dari 68 % pada siklus I menjadi 81 % pada siklus II dan meningkat 5 % dari 81 % pada siklus II menjadi 86 % pada siklus III. Kata kunci: proses pembelajaran, media, prestasi belajar peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:43
Last Modified: 30 Jan 2019 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22810

Actions (login required)

View Item View Item