UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF (PMO) DENGAN MEDIA SIMULASI KOMPUTER PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK LEONARDO KLATEN

Andreas, Dwigati Nugroho (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF (PMO) DENGAN MEDIA SIMULASI KOMPUTER PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK LEONARDO KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Andrea Dwidati Nugraha 08504245018.pdf

Download (69MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF (PMO) DENGAN MEDIA SIMULASI KOMPUTER PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK LEONARDO KLATEN Oleh: Andreas Dwigati Nugroho 08504245018 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI TKR pada mata diklat Perbaikan Motor Otomotif setelah diajar dengan menggunakan media simulasi komputer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini melalui beberapa tahap dalam tiap siklusnya, yaitu (1) Tahap perencanaan; (2) pelaksanaan penelitian; (3) pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Leonardo Klaten. Data peningkatan motivasi belajar siswa diambil dengan teknik observasi, sedangkan data peningkatan prestasi belajar siswa diambil dengan tes tulis di awal pelajaran dan di akhir pelajaran. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus I 45,59%, pada siklus II 66,18%, pada siklus III 80,59 %. Dari siklus I sampai siklus III motivasi belajar siswa meningkat sebesar 35%. Untuk perstasi belajar siswa, pada siklus I terjadi peningkatan 24,45% yaitu dari nilai rata – rata pretest 5,52 menjadi 7,32 pada nilai rata – rata posttest dengan nilai gain 0,40 dengan kategori sedang; pada siklus II terjadi peningkatan 36,90%, nilai gain 0,514 dengan kategori sedang, dilihat dari rata – rata pretest 4,67 dan rata – rata posttest 7,41 kemudian pada siklus III terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 83,17% dari nilai rata – rata pretest 4,0 dan nilai rata – rata posttest 7,48 nilai gain 0,56 dengan kategori sedang. Dari hasil peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada siklus III tersebut target peneliti sudah tercapai yaitu sudah lebih dari 70% siswa mendapat nilai setara dengan nilai KKM yaitu 70,00. Kata kunci : Media simulasi komputer, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22806

Actions (login required)

View Item View Item