EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 KLATEN

ANDOKO R, ATRI PRANJONO (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Andoko Ratri Pranjono 10518241023.pdf

Download (71MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 KLATEN Oleh: ANDOKO RATRI PRANJONO NIM. 10518241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam: (1) ranah kognitif, (2) ranah afektif, (3) ranah psikomotor. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL A dan X TITL B Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Klaten dengan jumlah 67 siswa. Kelas X TITL A dijadikan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas X TITL B dijadikan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data pada ranah kognitif menggunakan tes, pada ranah afektif menggunakan angket, dan ranah psikomotor menggunakan lembar data observasi. Analisis data yang digunakan untuk ranah kognitif mengacu pada teori Richard R. Hake yaitu gain scores (peningkatan nilai), untuk ranah afektif dan psikomotor menggunakan metode perbandingan rerata skor. Kesimpulan dari penelitian ini hanya berlaku pada kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Klaten, karena peneliti menggunakan seluruh anggota populasi sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered Learning pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Klaten lebih efektif untuk meningkatkan: (1) kognitif siswa dengan hasil rerata kelompok eksperimen adalah 0,76 (tinggi) sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,35 (sedang), (2) afektif siswa dengan perbandingan rerata skor afektif kelompok eksperimen yang memperoleh nilai sebesar 82,10 sedangkan kelompok kontrol sebesar 76,10, (3) psikomotor siswa dengan perbandingan rerata skor psikomotor kelompok eksperimen sebesar 80,81 dan kelompok kontrol sebesar 75,71. Kata kunci: Project Based Learning, kognitif, afektif, psikomotor, metode Richard R. Hake (peningkatan nilai)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:17
Last Modified: 07 Jul 2015 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22804

Actions (login required)

View Item View Item