PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERSIAPAN PENGOLAHAN KONTINENTAL DENGAN MEDIA PERMAINAN ANDROID

Andika, Kuncoro W (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERSIAPAN PENGOLAHAN KONTINENTAL DENGAN MEDIA PERMAINAN ANDROID. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Andika Kuncoro Widagdo 09511241027.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERSIAPAN PENGOLAHAN KONTINENTAL DENGAN MEDIA PERMAINAN ANDROID Oleh: Andika Kuncoro W 09511241027 ABSTRAK Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Persiapan Pengolahan Kontinental Dengan Media Permainan Android bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Permainan Persiapan Pengolahan Kontinental yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik di Sekolah Kejuruan Kompetensi Keahlian Jasa Boga dan (2) Mengetahui kelayakan permainan android Persiapan Pengolahan Kontinental untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik Sekolah Kejuruan Kompetensi Keahlian Jasa Boga. Penelitian dilakukan di SMK N 4 Surakarta pada maret-april 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode yang mengacu pada konsep penelitian risert dan development yang dilakukan oleh Brog dan Gall yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: a) analisis kebutuhan, b) perencanaan pengembangan produk yang terdiri dari pengumpulan coding, materi, pembuatan soal dan jawaban, c) pengembangan produk yang terdiri dari pembuatan coding, pembuatan layout, memasukkan materi dan menggabungkan semuanya, d) penilaian kelayakan produk yang berasal dari ahli media dan ahli materi, e) revisi dilakukan setelah menerima masukan dan penilaian dari ahli materi dan ahli media, f) uji coba lapangan awal, dilakukan uji coba kepada pengguna, g) revisi dilakukan setelah memperoleh masukan dari pengguna, h) uji coba lapangan akhir, dilakukan untuk memperoleh penilaian dari pengguna i) revisi dilakukan untuk memperbaiki dari masukan dari pengguna, j) sosialisasi dan emplementasi dilakukan melalui Bluetooth dan blog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) permainan android dikembangkan dengan pemrogaman utama button jumping (tombol perpindahan antar layout). (2) pada tahap uji coba lapangan awal dilakukan pada siswa kelas X Boga 3 SMK N 4 Surakarta diperoleh penilaian pada aspek kemudahan sebesar 87,5% ( sangat mudah), aspek kemanfaatannya sebesar 86,46% (mudah) dan tampilan media sebesar 77,78% (mudah). Permainan android pada uji coba lapangan akhir yang dilaksanakan pada kelas X Boga 2 diperoleh penilaian sebesar 91,67% (sangat mudah) pada aspek kemanfaatan, 88,33% ( sangat mudah) pada aspek kemudahan dan 84,35% (mudah) pada aspek tampilan media. Kata kunci : Persiapan Pengolahan Kontinental, Permainan Android

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22803

Actions (login required)

View Item View Item