IMPLEMENTASI MODEL CAROUSEL FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS2 DI SMA NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Purnamasari, Maya Devi Tri (2012) IMPLEMENTASI MODEL CAROUSEL FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS2 DI SMA NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model Carousel Feedback untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model putaran spiral menurut Kemmis dan Taggart yang dimodifikasi menjadi tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi, (2) teknik wawancara dan (3) dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dengan cara membandingkan data dari data hasil observasi maupun hasil wawancara yang diperkuat dengan dokumentasi dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Carousel Feedback dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2011/2012. Peningkatan aktivitas dibuktikan dengan hasil observasi sebelum dan setelah tindakan. Rata-rata aktivitas kelas sebelum tindakan 33.87% (kategori rendah). Rata-rata aktivitas setelah tindakan siklus I adalah 48.62% (kategori sedang) atau mengalami peningkatan 10.75%, siklus II rata-rata aktivitas kelas setelah tindakan 58.55% (kategori sedang) atau mengalami peningkatan 24.68%, dan siklus III rata-rata aktivitas kelas setelah tindakan 73.28% (kategori tinggi) atau mengalami peningkatan 39.41%. Adapun kendala-kendala dalam pelaksanaan tindakan pada awal siklusnya, antara lain: suasana kelas yang tidak kondusif dan kurangnya motivasi siswa. Kendala setiap siklusnya adalah keterbatasan waktu. Kata kunci: Carousel Feedback, Aktivitas Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 08 Jul 2015 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 00:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item View Item