FAKTOR PENYEBAB PERGESERAN STRATIFIKASI SOSIAL DALAM MASYARAKAT PENAMBANG TIMAH DI DESA RENGGIANG KEC. SIMPANG RENGGIANG KAB. BELITUNG TIMUR

Mundaryana (2012) FAKTOR PENYEBAB PERGESERAN STRATIFIKASI SOSIAL DALAM MASYARAKAT PENAMBANG TIMAH DI DESA RENGGIANG KEC. SIMPANG RENGGIANG KAB. BELITUNG TIMUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - YANNA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Timah merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, timah yang terus menerus di tambang semakin lama akan semakin berkurang hasilnya, bahkan bisa habis sama sekali. Timah merupakan hasil tambang yang utama untuk kehidupan masyarakat Belitung. Timah memberikan kehidupan yang tinggi bagi masyarakat, sehingga mampu mengangkat status sosial mereka. Ukuran pergeseran stratifikasi sosial dalam masyarakat penambang timah mengalami perubahan dari penambang timah yang terdahulu dengan para penambang timah yang sekarang. Ukuran nilai pergeseran tersebut dilihat dari kepemilikan lahan tambang, kemampuan seseorang dalam mempekerjakan karyawan, dan memiliki barang-barang mewah. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan stratifikasi sosial dan faktor penyebab pergeseran stratifikasi sosial dalam masyarakat penambang timah di Desa Renggiang, Kabupaten Belitung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang di ambil para penambang timah yang ada di Desa Renggiang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yatu sumber data primer dan sumber data sekunder. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interatif Milles dan Huberman dengan 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pergeseran stratifikasi sosial dalam masyarakat penambang timah ada dua faktor penyebabnya: 1). Faktor internal meliputi keinginan sendiri, dorongan dari keluarga, tergoda melihat saudara atau teman yang lebih dulu berhasil. 2). Faktor eksternal meliputi kebijakan dari pemerintah Belitung, kondisi alam Belitung, harga timah di pasaran dunia semakin tinggi. Kata kunci: pergeseran, stratifikasi sosial, masyarakat penambang timah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 08 Jul 2015 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 00:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item View Item