Efektivitas Penggunaan Media Permainan Simulasi dan Media Gambar Peristiwa terhadap Prestasi Belajar Teks Diskusi Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Barat

Hidayatullah, M. Jihad (2015) Efektivitas Penggunaan Media Permainan Simulasi dan Media Gambar Peristiwa terhadap Prestasi Belajar Teks Diskusi Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m. jihad hidayatullah-13706251077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebagai berikut: Pertama, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara media permainan simulasi, media gambar peristiwa, dan media konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar materi teks diskusi bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Kedua, apakah penggunaan media permainan simulasi dan media gambar peristiwa lebih efektif daripada media konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar materi teks diskusi bahasa Indonesia. Ketiga, apakah pengunaan media permainan simulasi lebih efektif daripada media konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar materi teks diskusi bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan randomized pretes-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMP Negeri kelas VIII di Kabupaten Lombok Barat yang menerapkan kurikulum 2013. Sampel penelitian yakni kelas VIII A SMP Negeri 1 Kediri, VIII B SMP Negeri 1 Kediri, dan VIII 3 SMP Negeri 2 Lingsar yang diperoleh melalui teknik simple cluster random sampling. Kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 1 Kediri sebagai eksperimen I dan kontrol, kelas VIII 3 SMP Negeri 2 Lingsar sebagai eksperimen II. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda tentang teks diskusi. Data dianalisis menggunakan uji Anava satu jalur (one way anova) yang kemudian dilanjutkan menggunakan uji Scheffe menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, ada perbedaan yang signifikan antara media permainan simulasi, media gambar peristiwa, dan media konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar materi teks diskusi, dengan F = 23.717 dan p < 0.05. Kedua, penggunaan media permainan simulasi lebih efektif daripada media konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar materi teks diskusi, dengan mean difference 15.166 dan sig < 0.05. Ketiga, pengunaan media gambar peristiwa lebih efektif daripada media konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar materi teks diskusi, dengan mean difference 22.386 dan sig < 0.05. Keempat,penggunaan media permainan simulasi tidak lebih efektif daripada media gambar peristiwa untuk meningkatkan prestasi belajar, dengan mean difference -7.220 dan sig > 0.05 terhadap prestasi belajar teks diskusi bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media permainan simulasi, media gambar peristiwa, teks diskusi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jul 2015 01:07
Last Modified: 10 Nov 2022 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22789

Actions (login required)

View Item View Item