PENGARUH BERMAIN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN KARANGJATI, NGAGLIK, SLEMAN, DIY

Wike Resti Apriliantika (2015) PENGARUH BERMAIN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN KARANGJATI, NGAGLIK, SLEMAN, DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Other
WIKE RESTI APRILIANTIKA.PDF

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sarana prasarana dan kurangnya kreatifitas guru Penjasorkes dalam pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes yang kondusif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan sepakbola empat gawang dan untuk mengetahui pengaruh bermain sepakbola empat gawang terhadap peningkatan kesegaran jasmani. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design (pembandingan pretest dan posttest tanpa menggunakan kelompok kontrol). Instrumen yang digunakan yaitu TKJI untuk usia 10-12 tahun. Teknik pengumpulan data dimulai dari melakukan pretest kemudian pemberian traetment dan diakhiri dengan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t sampel berpasangan dengan uji normalitas sebagai prasyarat. Hasil penelitian menunjukan ada perubahan yang signifikan antara hasil rerata pretest dan posttest kesegaran jasmani siswa kelas V SDN Karangjati dengan menggunakan treatment bermain sepakbola empat gawang. Hasil tersebut dapat disimpulkan dari hasil beda rata-rata menggunkanan repaired t test dengan hasil yang menunjukkan nilai t hitung -13.104 berada di luar daerah peneriamaan Ho yaitu -2.0555 – 2.0555 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.025. Hasil tersebut menyatakan bahwa Ha (hipotesis alternatif) yang berbunyi “ada pengaruh bermain sepakbola empat gawang terhadap peningkatan kesegaran jasmani siswa kelas V SDN Karangjati, Ngaglik, Sleman, DIY” diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran jasmani, sepakbola empat gawang, bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:36
Last Modified: 11 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22773

Actions (login required)

View Item View Item