PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI LATIHAN LOMPAT KOTAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGEBELGEDE 1 KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Sutinah (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI LATIHAN LOMPAT KOTAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGEBELGEDE 1 KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SUTINAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun atas dasar permasalahan yang muncul pada guru Penjasorkes yaitu belum tercapainya nilai materi lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri Ngebelgede 1 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan lompat jauh melalui latihan lompat kotak pada siswa kelas V SD Negeri Ngebelgede 1 Ngaglik tahun pelajaran 2014/2015 Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ngebelgede1 Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman yang berjumlah 24 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas terhadap guru, observasi aktivitas terhadap siswa, dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui lompat kotak selama dua siklus dapat meningkat. Sedangkan nilai kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja teknik dasar lompat jauh. Nilai Rerata siswa siklus 1 pertemuan pertama 64,32 dan pada siklus pertama pada pertemuan kedua 69,01 dan siswa yang mencapai KKM 12,5% atau sebanyak 3 siswa dari ketentuan yaitu 75%.Pada siklus kedua pertemuan pertama rerata meningkat menjadi 76,04 dan pada siklus kedua pertemuan meningkat 79,30 dan siswa yang mencapai KKM 100% atau 24 siswa. Hal ini membuktikan bahwa latihan lompat kotak yang digunakan sebagai metode pembelajaran lompat jauh sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan lompat jauh, latihan lompat kotak,siswa kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22764

Actions (login required)

View Item View Item