PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DASAR BOLA VOLI BERBASIS ADOBE FLASH CS6 MATERI PASING ATAS DAN PASING BAWAH

Januar Bastian (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DASAR BOLA VOLI BERBASIS ADOBE FLASH CS6 MATERI PASING ATAS DAN PASING BAWAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JANUAR BASTIAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya di sekolah metode pembelajaran menggunakan metode ceramah dan komando, dikarenakan kondisi dan kurang tersedianya media pembelajaran yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa CD mata pelajaran Penjasorkes materi bola voli dengan menggunakan komputer, sesuai dengan tahap-tahap pengembangan yang tepat, sehingga menghasilkan media pembelajaran yang bermanfaat dan berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Langakah-langkah penelitian : pendahuluan, pengembangan desain pembelajaran, pengembangan desain produk, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahapan produksi kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media setelah itu diujicobakan kelapangan dengan uji coba satu lawan satu, kelompok kecil dan kelompok besar. Subyek ujicoba adalah siswa SMP Negeri 2 Gamping yang sudah mendapatkan materi bola voli. Data didapat melalui pemberian kuisioner yang berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk serta data kualitatif lainya. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah hasil validasi oleh ahli materi adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,59, sedangkan ahli media menilai “baik” dengan rerata skor 4,07 penilaian siswa pada uji coba kelompok besar mengenai kualitas media pembelajaran adalah “sangat baik” besaranya rerata skor sebagai berikut : Aspek tampilan memiliki rerata skor 4,40, termasuk dalam kriteria “sangat baik”, aspek isi atau materi dengan rerata skor 4,40 termasuk dalam kategori “sangat baik”, dan aspek pembelajaran dengan rerata skor 4,50 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk proses pembelajaran disekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Gerak Dasar Bola Voli Berbasis Adobe Flash CS6 Materi Pasing Atas dan Pasing Bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:34
Last Modified: 11 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22761

Actions (login required)

View Item View Item