STUDI KOMPETENSI SOSIAL DAN KEPRIBADIAN MAHASISWA PROGRAM PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) PRODI PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2010 DI KOTA MAGELANG

Anisa Septianingrum, . (2014) STUDI KOMPETENSI SOSIAL DAN KEPRIBADIAN MAHASISWA PROGRAM PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) PRODI PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2010 DI KOTA MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANISA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) wajib diikuti oleh mahasiswa jurusan kependidikan termasuk Jurusan Pendidikan Sejarah. Mahasiswa perlu menguasai kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guna menunjang keberhasilan program PPL. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penguasaan kompetensi sosial mahasiswa program PPL prodi pendidikan sejarah; (2) mengetahui penguasaan kompetensi kepribadian mahasiswa program PPL prodi pendidikan sejarah; dan (3) mengetahui tingkat keberhasilan mahasiswa program PPL prodi pendidikan sejarah dalam mengemban tugasnya di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Wawancara dilakukan kepada enam mahasiswa program PPL prodi pendidikan sejarah, satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPL, empat guru pembimbing, dan dua belas siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penguasaan kompetensi sosial mahasiswa prodi pendidikan sejarah yang melaksanakan program PPL di SMA Tarakanita Magelang dan MAN 1 Kota Magelang baik karena menguasai empat poin komptensi sosial, sedangkan mahasiswa yang melaksanakan program PPL di SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang hanya menguasai tiga poin kompetensi sosial; (2) Mahasiswa prodi pendidikan sejarah yang melaksanakan program PPL di SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang hanya menguasai dua kompetensi kepribadian, sedangkan mahasiswa yang melaksanakan program PPL di SMA Tarakanita dan MAN 1 Kota Magelang telah menguasai tujuh poin kompetensi kepribadian; (3) tingkat keberhasilan mahasiswa program PPL di tiga sekolah tersebut tergolong berhasil dengan baik untuk dua sekolah, yakni SMA Tarakanita Magelang dan MAN 1 Kota Magelang dilihat dari penguasaan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosialnya, sedangkan untuk mahasiswa yang melaksanakan program PPL di SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang tingkat keberhasilannya masih kurang. Kata kunci: Kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan program PPL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22742

Actions (login required)

View Item View Item