KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Puji Lestari, Ani (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ani Puji Lestari-11201244030.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan yang signifikan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi CIRC dan (2) keefektifan strategi CIRC dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Strategi CIRC digunakan karena memiliki beberapa keunggulan sehingga perlu diuji coba keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik sample random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh siswa kelas XF sebagai kelas kontrol dan kelas XE sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis argumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis karangan argumentasi yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi CIRC dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa strategi CIRC. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (thitung = 3,317> ttabel = 1,990) pada taraf signifikan 5% (0,05) dan db 62. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa strategi CIRC efektif dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Keefektifan strategi pembelajaran CIRC dapat dilihat dari hasil uji-t untuk sampel berhubungan yang menunjukkan bahwa skor thitung adalah sebesar 11,607 dengan db 31. Skor thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dan db 31. Skor ttabel pada taraf signifikan 5% dan db 31 adalah 2,0315. Hal tersebut menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 11,607 > ttabel = 2,0315).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 00:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22732

Actions (login required)

View Item View Item