Lestari, Suci (2013) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 09405244020 Suci Lestari.swf - Accepted Version Download (6MB) |
|
Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 09405244020 Suci Lestari.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas metode pembelajaran Team Quiz dalam meningkatkan keaktifan kelas X di SMA Negeri 2 Banguntapan, 2) efektivitas metode pembelajaran Team Quiz dalam meningkatkan hasil belajar geografi kelas X di SMA Negeri 2 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini yaitu pembelajaran metode Team Quiz dan metode ceramah, dan variabel terikat yaitu keaktifan dan hasil belajar. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan dengan jumlah 208 siswa. Sampel diambil secara purposive dengan dasar pertimbangan nilai geografi sehingga diperoleh masingmasing 29 siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan X7 sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara undian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan metode Team Quiz efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan kelas dengan metode Team Quiz lebih tinggi daripada keaktifan metode ceramah. Rata-rata skor keaktifan metode Team Quiz 21,00 sedangkan metode ceramah 17,00. (2) pembelajaran dengan menggunakan metode Team Quiz efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Hasil belajar dengan metode Team Quiz lebih tinggi daripada hasil belajar metode ceramah. Rerata nilai hasil belajar Team Quiz 80,51 sedangkan metode ceramah 71,75. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan ketercapaian gain score 0,55 pada kelas eksperimen dan 0,34 pada kelas kontrol. Nilai p keaktifan dan hasil belajar masing-masing 0,000 dan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H ditolak. Hal ini membuktikan bahwa metode Team Quiz efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Banguntapan. Kata Kunci: efektivitas, keaktifan, hasil belajar, Team Quiz, ceramah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 04:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22712 |
Actions (login required)
View Item |