UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DI KELAS VII A SMP N 1 BANTUL

Wanita, Cici Tri (2011) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DI KELAS VII A SMP N 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img] Text
UPAYA_PENINGKATAN_PEMAHAMAN_KONSEP_SISWA.doc

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay – two stray di kelas VII A SMP N 1 Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Bantul yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi line and angle (garis dan sudut) dengan penerapan pendekatan realistik melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay – two stray. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, student worksheet, tes siklus I dan II serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan realistic melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay - two stray yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII A SMP Negeri 1 Bantul adalah yang sesuai dengan lima karakteristik pendekatan realistik berikut: (1) pengeksplorasian fenomena kehidupan, (2) penggunaan model dan simbol untuk mempermudah proses matematisasi, (3) pengkonstruksian konsep oleh siswa, (4) interaksi yang mengkaji materi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay– two stray dan (5) keterkaitan antar materi pembelajaran atau dengan bidang ilmu lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata pemahaman konsep siswa dari siklus I sebesar 77.37% menjadi sebesar 84.18% pada siklus II dan berdasarkan pedoman kualifikasi termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 12 Jul 2012 08:09
Last Modified: 29 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2269

Actions (login required)

View Item View Item