PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Andhika, Budi Setiawan (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Andhika Budi Setiawan 08505244009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh : Andhika Budi Setiawan NIM. 08505244009 ABSTRAK Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI teknik Gambar Bangunan SMK N 3 Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah teknik kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan bentuk Non- Equivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini yaitu, variabel bebas berupa penggunaan media animasi, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 1 dan XI TGB2 di SMK N 3 Yogyakarta yang berjumlah 52 siswa. Sampel ditentukan dengan purposive sampling yaitu, 28 siswa sebagai kelompok eksperimen (XI TGB2) dan 26 siswa sebagai kelompok kontrol (XI TGB1). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas (menggunakan teknik analisis chi kuadrat) dan uji homogenitas. Validitas instrument soal tes dilakukan dengan judgement expert dan uji coba instrument. Reliabilitas instrument tes dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20) diperoleh harga r =0,893 yang berarti reliabilitas instrumen sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t kelompok terpisah (independent sample test). Uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai hasil belajar pretest kelas kontrol sebesar 46,54 dan nilai rata-rata posttest sebesar 64,04; sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 48,39 dan nilai rata-rata posttest sebesar 74,82. Peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 17,50 dan kelas eksperimen sebesar 26,43. Analisis menggunakan seluruh hasil posttest dan diuji dengan uji-t dengan perolehan t hitung > t tabel (4,775 > 2.021), menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional (papan tulis). Kata kunci : media animasi, rencana anggaran biaya, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Jul 2015 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22670

Actions (login required)

View Item View Item