PERSEPSI MASYARAKAT DESA TERHADAP PENCALONAN WAKIL BUPATI PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF GENDER (Studi di Desa Logede, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen)

Hardiyanti, Ludita (2012) PERSEPSI MASYARAKAT DESA TERHADAP PENCALONAN WAKIL BUPATI PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF GENDER (Studi di Desa Logede, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (88MB) | Preview

Abstract

Sudah menjadi budaya yang turun-temurun menempatkan peran perempuan di sektor domestik dan laki-laki di sektor publik, sehingga mengakibatkan akses dan partisipasi perempuan dalam dunia politik sangat rendah. Masyarakat Desa Logede masih banyak yang memandang bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah, tidak hanya dalam kehidupan seharihari tetapi dalam segala hal termasuk dalam dunia politik dan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui persepsi masyarakat Desa Logede terhadap pencalonan wakil bupati perempuan dalam Pilkada Kabupaten Kebumen 2010 dalam perspektif gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data utama yang terdiri dari tokoh masyarakat dan warga masyarakat yang telah memiliki hak pilih dalam pilkada. Sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman dengan beberapa tahap diantaranya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat desa terhadap pencalonan wakil bupati perempuan dilihat dari perspektif gender ada yang berpersepsi positif dan berpersepsi negatif. Persepsi positif muncul karena seseorang yang mempersepsi memiliki anggapan yang baik terhadap pencalonan wakil bupati perempuan. Persepsi negatif muncul karena seseorang yang mempersepsi sesuatu dalam hal ini pencalonan wakil bupati perempuan kurang setuju terhadap perempuan yang ikut mengambil peran sebagai wakil bupati perempuan. Terdapat faktor-faktor yang turut mempengaruhi persepsi masyarakat, yaitu budaya patriarki yang masih melekat dalam masyarakat, tingkat pendidikan, usia, jenis kelamin, keadaan calon bupati perempuan, dan kondisi emosional dan kedekatan masyarakat yang mempersepsi dengan calon wakil bupati perempuan. Kata Kunci: persepsi, bupati, perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22669

Actions (login required)

View Item View Item