TINGKAT KEMAMPUAN GULING DEPAN DAN GULING BELAKANG SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS GATOT SUBROTO KEC. BUKATEJA KAB. PURBALINGGA

Ery Wahyu Findriatmoko (2015) TINGKAT KEMAMPUAN GULING DEPAN DAN GULING BELAKANG SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS GATOT SUBROTO KEC. BUKATEJA KAB. PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Ery Wahyu Findriatmoko.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan siswa Kelas V di SD Negeri Gugus Gatotsubroto pada pembelajaran senam lantai guling depan dan guling belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guling depan dan guling belakang siswa kelas V SD Negeri di Gugus Gatot Subroto Kec. Bukateja Kab. Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Gatot Subroto Kec. Bukateja Kab. Purbalingga. Sampel yang yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Karangcengis, SD Negeri 2 Karangcengis, dan SD Negeri 3 Karangcengis dengan jumlah 81 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen pengamatan dilengkapi rubik kinerja kemampuan guling depan dan guling belakang. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guling depan dan belakang siswa kelas V SD Negeri di Gugus Gatot Subroto Kec. Bukateja Kab. Purbalingga berkategorikan sedang. Secara keseluruhan kemampuan guling depan terdapat 5 siswa (6,57 %) dalam kategori baik sekali, 25 siswa (32,89 %) dalam kategori baik, 37 siswa (48,68 %) dalam kategori sedang, 0 siswa (0,00 %) dalam kategori kurang, dan 9 siswa (11,86 %) dalam kategori kurang sekali. Sedangkan kemampuan guling belakang didapatkan 11 siswa (14,49 %) dalam kategori baik sekali, 23 siswa (30,26) % dalam kategori baik, 30 siswa (39,47 %) dalam kategori sedang, 0 siswa (0,00 %) dalam kategori kurang, dan 12 siswa (15,78 %) dalam kategori kurang sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, guling depan, guling belakang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:32
Last Modified: 11 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22668

Actions (login required)

View Item View Item