EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN KLATEN

Suhardono, Sapta (2014) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 10405241011 Sapta Suhardono.swf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 10405241011 Sapta Suhardono.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (857kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi SMA di Kabupaten Klaten ditinjau dari dimensi guru, yang meliputi: (1) kualitas perencanaan, (2) kualitas pelaksanaan, (3) tanggapan siswa, dan (4) kualitas penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi model Stake yang dilakukan dengan cara membandingkan antara pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, dengan pembelajaran yang seharusnya sebagai kriteria untuk menentukan keberhasilan. Populasi penelitian ini adalah SMA di Kabupaten Klaten yang menjadi piloting Kurikulum 2013 berjumlah 5 SMA. Penentuan Sampel menggunakan tehnik sampel jenuh. Setiap sekolah diwakili 1 guru geografi dan 30 siswa. Data yang dikumpulkan meliputi: pemahaman guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, tanggapan siswa, penilaian pembelajaran serta hambatan dan dukungan implementasi Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen pengumpulan datanya berupa daftar pertanyaan (angket), lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran guru geografi di Kabupaten Klaten sudah sangat baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip penyususnan RPP, (2) pelaksanaan pembelajaran yang selama ini berlangsung dan diterapkan masuk dalam kategori kurang baik dan belum sesuai harapan Kurikulum 2013, (3) sebagaian besar siswa beranggapan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakun guru sudah baik, (4) penilaian pembelajaran geografi di Kabupaten Klaten masuk dalam kategori baik. Kata Kunci : kurikulum 2013, evaluasi, Stake

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 06 Jul 2015 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22662

Actions (login required)

View Item View Item