PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PENDOWOHARJO

Wulandari, Asih (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PENDOWOHARJO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Asih Wulandari_11108241047.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IVB SD Muhammadiyah Pendowoharjo dengan jumlah 13 siswa tiap kelas. Kelas IV B sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Kelas IVA sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan metode ceramah, diskusi, dan mengerjakan soalsoal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengambil data keaktifan siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil observasi keaktifan siswa akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil observasi keaktifan siswa dari pertemuan pertama sampai terakhir pada kelas eksperimen selalu lebih besar daripada kelas kontrol. Pada pertemuan terakhir, rata-rata skor yang diperoleh kelas eksperimen adalah 73,77 dan rata-rata skor kelas kontrol adalah 42,62. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA mempunyai pengaruh terhadap keaktifan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Kata kunci : pendekatan saintifik, keaktifan siswa, kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22650

Actions (login required)

View Item View Item