EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGOLAH SALAD DI SMK PI AMBARUKMO YOGYAKARTA

Amna, Badra Krishnani (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGOLAH SALAD DI SMK PI AMBARUKMO YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Amna Badra Krishnani 08511247002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGOLAH SALAD DI SMK PI AMBARUKMO YOGYAKARTA Oleh : Amna Badra Krishnani 08511 24700 2 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1). mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran kitchen/produktif khususnya pengolahan hidangan salad dengan menggunakan media pembelajaran ceramah (2) mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran kitchen/produktif khususnya pengolahan hidangan salad dengan menggunakan media pembelajaran video.(3). mengetahui perbedaan pemahaman antara penggunaan cara konvensional dengan ceramah atau video pembelajaran dalam mata pelajaran kitchen khususnya pengolahan salad di SMK PI Ambarukmo. Penelitian ini dilakukan di jurusan Akomodasi Perhotelan SMK PI Ambarukmo Yogyakarta. Waktu penelitian dilakukan pada minggu kedua bulan Januari 2011 sampai minggu keempat Mei 2011 pada siswa kelas 1. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental. Pada penelitian ini, Populasi terdiri dari dua kelas jurusan Akomodasi Perhotelan sebanyak 50 siswa, kedua kelas tersebut dibagi menjadi dua kelompok penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelompok selanjutnya adalah kelompok kontrol berjumlah 25 siswa. Tiap kelompok penelitian diberikan perlakuan yang berbeda. Kelompok eksperimen menggunakan media video pembelajaran sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional dengan ceramah dan hand out. Kemudian masing – masing diberikan pretest/tes awal dan postest/tes akhir. Nilai tes tersebut kemudian dijadikan acuan dalam pengolahan data untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa menggunakan media video pembelajaran. Agar peneliti dapat mengetahui keefektifan media video pembelajaran, maka dilakukan uji-t. Hasil dari penelitian dan pembahasan, yaitu (1). Siswa akan merasa cepat bosan ketika proses belajar mengajarnya hanya menggunakan metode konvensional dengan ceramah. Hai ini dibuktikan dari distribusi rerata nilai tes awal siswa untuk kelas kontrol sebesar 59,16 kemudian untuk tes akhirnya sebesar 69,28. (2). Siswa akan lebih aktif dan konsentrasi ketika proses belajar mengajarnya disisipkan metode yang berbeda. Hai ini dibuktikan dari distribusi rerata nilai tes awal siswa untuk kelas eksperimen sebesar 60,96 kemudian untuk tes akhirnya sebesar 80,33. (3). Penggunaan video pembelajaran dirasakan sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Dan dirasa efektif dalam proses belajar mengajar. Hal ini dibuktikan dengan di adakanny uji hipotesis dimana perhitungan menggunakan rumus uji-t untuk sampel yang berhubungan menghasilkan thitung sebesar 3,450457. Jika dibandingkan dengan ttabel menggunakan dk 24 dengan taraf kesalahan 0,05/ 5% dihasilkan nilai ttabel sebesar 2,063899. Hasil ttabel lebih kecil dari thitung dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Pemahaman, Evektivitas Video Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Jul 2015 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 00:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22641

Actions (login required)

View Item View Item