Eksplorasi Perilaku ‘Information Literacy’ dalam Hubungannya dengan Kesuksesan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Wahyu, Setyaningrum and Sri, Andayani and Retno, Subekti (2011) Eksplorasi Perilaku ‘Information Literacy’ dalam Hubungannya dengan Kesuksesan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY. [Experiment/Research]

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku ‘information literacy’ pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY dan hubungannya dengan kesuksesan belajar, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam penetapan materi pembekalan/perkuliahan bagi mahasiswa dalam mengantisipasi derasnya arus informasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen angket, yang terdiri dari 2 bagian, yaitu aspek pengetahuan mahasiswa tentang komputer dan penggunaannya, serta internet untuk pembelajaran; dan bagian kedua tentang aspek-aspek perilaku mahasiswa dalam mencari, mengolah dan mengelola infomasi. Sejumlah 105 angket telah diedarkan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika 3 angkatan (2008, 2009, dan 2010) kelas sub dan swa untuk keperluan penelitian ini. Akan tetapi, hanya 75 angket yang kembali dan hanya 52 data yang dapat diolah, karena beberapa data yang diisikan tidak lengkap. Data hasil perhitungan disajikan secara deskriptif berdasarkan kategori baik, cukup, kurang baik dan tidak baik. Selain itu juga dilakukan analisis untuk melihat hubungan antara kesiapan mahasiswa, perilaku information literacy dan kesuksesan belajar yang diindikasikan dengan IPK. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kesiapan mahasiswa dalam aspek pengetahuan tentang komputer, penggunaan dan internet dalam pembelajaran berada dalam kategori baik, sedangkan data perilaku information literacy mahasiswa menunjukkan kategori cukup baik. Dari analisis hubungan antara ketiga variable tersebut, diperoleh hasil korelasi antara kesiapan dan IPK relative kecil karena dibawah 50%, tetapi terdapat indikasi hubungan positif diantaranya keduanya. Ini menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa dalam hal menggunakan computer cukup berhubungan dengan kesuksesan belajar mahasiswa.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 12 Jul 2012 08:09
Last Modified: 02 Feb 2015 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item