PERBANDINGAN DAYA LEDAK TUNGKAI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA ANTARA SISWA SMK NEGERI 1 PURING DENGAN SISWA SMK NEGERI 2 KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH

Rahmat Tohir Bintoro (2015) PERBANDINGAN DAYA LEDAK TUNGKAI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA ANTARA SISWA SMK NEGERI 1 PURING DENGAN SISWA SMK NEGERI 2 KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persaingan prestasi permainan bola voli putra antara siswa SMK Negeri 1 Puring dengan siswa SMK Negeri 2 Kebumen menjadi latar belakang yang menarik untuk mengetahui perbandingan tingkatan daya ledak tungkai siswa dari kedua sekolah tersebut. Daya ledak tungkai yang sangat diperlukan dalam permainan bola voli, namun pelatih di SMK Negeri 1 Puring dan SMK Negeri 2 Kebumen belum pernah menerapkan latihan khusus untuk meningkatkan daya ledak tungkai peserta didiknya dan belum pernah melakukan pengkuran tingkat daya ledak tungkai peserta didiknya. Terkait dengan hal itu, peneliti tertarik untuk meneliti perbandingan tingkat daya ledak tungkai pada peserta ekstrakurikuler bola voli putra antara siswa SMK Negeri 1 Puring dengan siswa SMK Negeri 2 Kebumen Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan tingkat daya ledak tungkai siswa SMK Negeri 1 Puring dengan siswa SMK Negeri 2 Kebumen yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian komperatif (perbandingan) dengan metode survei. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vertical Jump Test dengan koefisien validitas 0,86 dan koefisien realibiltas 0,92. Subjek dari penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler bola voli putra yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 20 siswa SMK Negeri 1 Puring dan 15 siswa SMK Negeri 2 Kebumen. Teknik analisis data menggunakan analisis statististik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa besarnya rerata tingkat daya ledak tungkai siswa SMK Negeri 1 Puring yaitu 60,95 yang berada dalam kategori “sedang”, sedangkan rerata tingkat daya ledak tungkai siswa SMK Negeri 2 Kebumen sebesar 60,67 yang juga berada dalam kategori “sedang”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat daya ledak tungkai siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMK Negeri 1 Puring dan SMK Negeri 2 Kebumen adalah sama atau sebanding.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya ledak tungkai, permaina bola voli, siswa peserta ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 11 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item View Item