EFEKTIVITAS MANFAAT PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2013/2014

Ambar, Hendriyanto (2015) EFEKTIVITAS MANFAAT PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ambar Hendriyanto 10505241027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MANFAAT PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: Ambar Hendriyanto NIM 10505241027 ABSTRAK Pembelajaran remedial memiliki manfaat sebagai penunjang terlaksananya kegiatan belajar siswa ke arah yang lebih baik. Dimana penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran remedial dalam pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran Gambar Teknik Dasar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2013/2014 (2) untuk mengetahui efektivitas persepsi siswa terhadap manfaat pembelajaran remedial dalam pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran Gambar Teknik Dasar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2013/2014 Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun ajaran 2013/2014 yang mengikuti pembelajaran remedial sebanyak 27 siswa. Metode pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Data yang diambil meliputi nilai hasil pembelajaran remedial dan manfaat pembelajaran remedial. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) efektivitas pembelajaran remedial dalam pencapaian KKM dilihat dari (a) kelulusan tergolong tinggi, sebesar 88,89% (b) pencapian kompetensi siswa tergolong tinggi, sebesar 85,99%, (2) efektivitas persepsi siswa terhadap manfaat pembelajaran remedial tergolong tinggi, sebanyak 88,89% (a) manfaat pembelajaran remedial dapat memperbaiki cara belajar tergolong tinggi, sebanyak 77,78% (b) manfaat pembelajaran remedial dapat memahami kelemahan dan kelebihan tergolong tinggi, sebanyak 77,78% (c) manfaat pembelajaran remedial dapat mengatasi hambatan belajar tergolong tinggi, sebanyak 62,96% (d) manfaat pembelajaran remedial dapat memperkaya proses belajar tergolong tinggi, sebanyak 81,48% (e) manfaat pembelajaran remedial dapat mempercepat proses belajar tergolong tinggi, sebanyak 66,67% (f) manfaat pembelajaran remedial dapat mengembangkan sifat dan kebiasaan belajar tergolong tinggi, sebanyak 77,78%. Hubungan antara persepsi siswa terhadap manfaat pembelajaran remedial dalam pencapaian KKM termasuk kategori sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0,593 dengan sumbangan efektif sebesar 35,2%. Koefisien regresi persepsi siswa terhadap manfaat pembelajaran remedial dalam pencapian KKM sebesar 0,120. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran remedial, pencapaian KKM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 00:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22625

Actions (login required)

View Item View Item