PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PENCAK SILAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMP Kelas VII

Catur Susanto (2015) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PENCAK SILAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMP Kelas VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pencak silat merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran penjasorkes yang ada dalam silabus, materi ini seharusnya diajarkan oleh guru. Dilapangan banyak ditemukan kasus bahwa banyak guru yang tidak memberikan materi ini. Keterbatasan kemampuan guru untuk mengajarkan materi pencak silat serta minimnya sumber belajar, menuntut perlunya pengembangan sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku pembelajaran pencak silat yang dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang berorientasi pada produk. Pengembangan buku saku ini melalui tahap mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendesain dan membuat produk awal, validasi oleh ahli materi dan ahli media. Produk diujicobakan kepada siswa SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa buku saku pembelajaran pencak silat yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa SMP kelas VII. Kualitas produk yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi ”Sangat Baik” dengan rerata skor 4,81, menurut ahli media ”Sangat Baik” dengan rerata skor 4,27. Sedangkan penilaian siswa secara keseluruhan adalah ”Sangat Baik” dengan besar rerata skor sebagai berikut: aspek tampilan memiliki rerata skor 4,29 termasuk dalam kriteria ” Sangat Baik”, aspek isi/materi memiliki rerata skor 4,58 termasuk dalam kriteria ”Sangat Baik”, aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4,44 termasuk dalam kriteria ”Sangat Baik”, dan aspek keterbacaan memiliki rerata skor 4,35 termasuk dalam kriteria ”Sangat Baik”. Rerata skor secara keseluruhan sebesar 4,415 termasuk dalam kriteria ”Sangat Baik ”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Buku saku , Pencak Silat, Sumber Belajar
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 07:42
Last Modified: 11 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22619

Actions (login required)

View Item View Item