PENGARUH BUKU ELEKTRONIK DENGAN KREATIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DALAM BELAJAR DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN

Alvin, Taufiq Abiwara (2015) PENGARUH BUKU ELEKTRONIK DENGAN KREATIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DALAM BELAJAR DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ALVIN TAUFIQ 09501244013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH BUKU ELEKTRONIK DENGAN KREATIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DALAM BELAJAR DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN Alvin Taufiq Abiwara 09501244013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara pemanfatan buku elektronik dengan kreativitas siswa siswa, (2) hubungan antara pemanfaatan buku elektronik dengan keaktifan siswa (3) hubungan antara kreativitas siswa dengan keaktifan siswa kelas XI di SMK N 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Otomasi Industri, Teknik Audio Video, dan Teknik Komputer Jaringan SMK N 2 Depok Sleman sebanyak 124 siswa. Ukuran penelitian sebanyak 76 siswa dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi sederhana. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) pemanfaatan buku elektronik sebagian besar siswa (84,21%) termasuk kategori tinggi, kreativitas sebagian siswa (61,84%) termasuk kategori tinggi, keaktifan sebagian besar siswa (85,50%) termasuk kategori tinggi. (2) Terdapat hubungan pemanfaatan buku elektronik dengan kreativitas siswa dalam belajar dengan interpretasi rendah yaitu nilai koefisien korelasi sebesar 0,283. (3) Terdapat hubungan pemanfaatan buku elektronik dengan keaktifan siswa dalam belajar dengan interpretasi rendah yaitu nilai koefisien korelasi sebesar 0,373. (4) Terdapat hubungan kreativitas siswa dengan keaktifan siswa dalam belajar dengan interpretasi cukup yaitu koefisien korelasi sebesar 0,735. Kata kunci : buku elektronik, keaktifan, kreativitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 00:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22617

Actions (login required)

View Item View Item