IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENCIPTAKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS 1 SMA N 1 WANADADI, BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012

Suharyanti, Sri (2012) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENCIPTAKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS 1 SMA N 1 WANADADI, BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Iklim kelas yang belum kondusif dikarenakan guru dominan menggunakan cara-cara konvensional dalam mengajar seperti ceramah perlu diperbaiki dengan cara menerapkan metode-metode yang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition untuk menciptakan iklim kelas yang kondusif dalam proses pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Wanadadi, Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR), dengan 3 siklus yang mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini sumber data berasal dari hasil wawancara dengan guru sosiologi, observasi kelas XI IPS 1, angket yang dibagikan kepada siswa kelas XI IPS 1 setelah pelaksanaan tiap siklus penelitian dan juga foto sebagai bentuk dokumentasi penelitian. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition yang dikombinasikan dengan pita kertas dan juga reward dapat menciptakan iklim kelas yang kondusif. Pada siklus I, iklim kelas meningkat 2,38% dari Pra tindakan. Pada siklus II, iklim kelas meningkat 3,13% dari siklus I sedangkan pada siklus III, iklim kelas meningkat 3,58% dari siklus II. Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition adalah masih terdapat beberapa siswa yang merasa kesulitan untuk berdiskusi dengan kelompok, dikarenakan kelompok dibentuk secara heterogen oleh guru dan ada beberapa siswa yang masih menggantungkan jawaban pada siswa yang lebih pandai dikelompoknya. Kelebihannya adalah dapat menciptakan iklim kelas yang kondusif. KATA KUNCI: Metode Cooperative Integrated Reading and Composition, Iklim kelas yang kondusif, Pembelajaran Sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22614

Actions (login required)

View Item View Item