HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-KAKI DENGAN KETEPATAN TEMBAKAN PENALTI PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI SMP N 2 PANDAK TAHUN 2014

Puput Triatmoko (2015) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-KAKI DENGAN KETEPATAN TEMBAKAN PENALTI PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI SMP N 2 PANDAK TAHUN 2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Puput Triatmoko.pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Puput Triatmoko.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Ketepatan shooting penalti yang dihasilkan siswa SMP N 2 Pandak masih kurang, hal ini dikarenakan kurangnya dukungan dari faktor fisik seperti kekuatan otot tungkai dan koordinasi mata-kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ada tidaknya hubungan antara kekuatan otot tungkai dan koordinasi mata-kaki secara bersama-sama dengan ketepatan tendangan penalti pada permainan sepakbola siswa di SMP N 2 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survei dengan instrumen tes dan pengukuran. Pengukuran kekuatan otot tungkai menggunakan Leg Dynamometer (Ismaryati :2006), Tes koordinasi mata dan kaki menggunakan Mitchell Soccer Test (Ngatman : 2001), Tes tendangan penalti menggunakan tes menembak ke gawang (Sukatamsi :1997). Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP N 2 Pandak yang berjumlah 32 orang. Teknik analisis data menggunakan uji F pada taraf signifikasi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada hubungan yang signifikan antara Otot Tungkai dengan Ketepatan Penalti peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMP N 2 Pandak. 2) ada hubungan yang signifikan antara Koordinasi Matakaki dengan Ketepatan Penalti peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMP N 2 Pandak. 3) ada hubungan yang signifikan antara Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata-kaki, dengan Ketepatan Penalti peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMP N 2 Pandak. Secara rinci sumbangan yang diberikan oleh variabel kekuatan otot tungkai sebesar 11,45 % dan sumbangan variabel koordinasi matakaki sebesar 56,05 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata-Kaki, Ketepatan Tendangan Penalti
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 07:41
Last Modified: 11 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22612

Actions (login required)

View Item View Item