GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Paskalis, Nikolas (2011) GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405249022 Nikolas Paskalis.swf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405249022 Nikolas Paskalis.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gaya belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan, (2) mengetahui prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan, (3) mengetahui kecenderungan hubungan antara gaya belajar dan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah gaya belajar dan prestasi belajar geografi siswa. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 71 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tebel frekuensi tunggal dan tabel silang (cross tab). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang paling banyak adalah gaya belajar visual dengan jumlah 27 orang siswa atau 38,02 %, yang kedua gaya belajar kinestetik dengan jumlah 24 orang siswa atau 33,80 %, dan yang ketiga adalah gaya belajar audiovisual dengan jumlah 20 orang siswa atau 28,18 %. Dari 71 orang responden yang diteliti, 64 orang siswa, atau 90,13 % yang belum mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), 24 orang siswa memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 17 orang siswa memiliki kecenderungan gaya belajar audiovisual, dan 23 siswa memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Dapat diketahui gaya belajar yang belum mencapai nilai KKM yang paling banyak adalah gaya belajar visual. Dari 71 orang responden yang diteliti, 7 orang siswa atau 9,87 % yang sudah mencapai nilai KKM, 3 orang siswa memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 3 orang siswa memiliki kecenderungan gaya belajar audiovisual, dan 1 orang siswa memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Maka dapat diketahui gaya belajar yang sudah mencapai nilai KKM paling banyak adalah gaya belajar visual dan audiovisual. Kata kunci: Gaya belajar; Prestasi belajar; Siswa kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22610

Actions (login required)

View Item View Item