PERBEDAAN KEMAMPUAN TENDANGAN PENALTI ANTARA PEMAIN DEPAN PEMAIN TENGAH DAN PEMAIN BELAKANG PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP N 2 JETIS BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Khalis Yoga Permana PERBEDAAN KEMAMPUAN TENDANGAN PENALTI ANTARA PEMAIN DEPAN PEMAIN TENGAH DAN PEMAIN BELAKANG PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP N 2 JETIS BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karakteristik tendangan penalti setiap pemain berbeda-beda dan latihan tendangan penalti masih kurang mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan tendangan penalti antara pemain depan, pemain tengah, dan pemain belakang pada permainan sepakbola. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran tes yang digunakan adalah tes kecakapan bermain sepakbola yang disusun oleh V. Poerwono. Validitas tes tersebut adalah 0,769. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif. Populasi yang digunakan adalah siswa SMP N 2 Jetis Bantul yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola yang berjumlah 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan ada perbedaan kemampuan tendangan penalti pemain depan, pemain tengah, dan pemain belakang pada siswa SMP N 2 Jetis Bantul yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola. Dengan nilai rata-rata tendangan pinalti pemain depan 14,38, tendangan penalti pemain tengah 14,25, dan tendangan penalti pemain belakang 10,50. Hasil uji F diperoleh F hitung > F tabel (6,108>3,47) pada taraf signifikansi 5%, hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan tendangan penalti antara pemain depan, pemain tengah, dan pemain belakang pada siswa ekstrakurikuler SMP N 2 Jetis Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tendangan Penalti, pemain depan, pemain tengah, pemain belakang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22599

Actions (login required)

View Item View Item