PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ali Akbar, Yulianto (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ali Akbar Yulianto 09503244034.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh : Ali Akbar Yulianto 09503244034 ABSTRAK Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: 1. mengetahui dengan penerapan metode pembelajaran two stay two stray dapat menghilangkan rasa bosan siswa pada saat kegiatan pembelajaran. 2. mengetahui dengan penerapan metode pembelajaran two stay two stray dapat menjadikan siswa aktif didalam kelas pada saat pembelajaran. 3. mengetahui perbedaan yang signifigan antara metode pembelajaran two stay two stray dibandingkan dengan metode ceramah. 4. mengetahui prestasi belajar siswa pada pembelajaran kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dengan menggunakan metode pembelajaran two stay two stray dan penerapan pembelajaran dengan metode ceramah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Data diperoleh melalui hasil tes yaitu pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara yang berjumlah 89 siswa. Pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sample diperoleh kelas XI TP 1 (32 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas XI TP 2 (32 siswa) sebagai kelas eksperimen. Uji validitas dihitung dengan menggunakan uji korelasi product moment. Hasilnya menyatakan bahwa dari 25 soal terdapat 20 soal yang valid dan 5 soal yang gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-21, dengan nilai koefisien sebesar 0,496. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis dengan uji t menunjukan bahwa t hitung 4,176 > t tabel 1,696 dengan taraf signifigan α = 0,05 dan df 31, hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifigan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifigan antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen adalah 85,16 lebih besar dari pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,10 dengan jenis tes yang sama dengan materi tes yang diberikan untuk kelas eksperimen. Hal ini menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan metode two stay two stray dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22597

Actions (login required)

View Item View Item