PENGARUH PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 WONOSARI

Alfin, Prasetyo (2015) PENGARUH PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Alfin Prasetyo 10505241021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 WONOSARI Oleh: Alfin Prasetyo NIM. 10505241021 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: (1) memperoleh gambaran tiga variabel dalam penelitian ini, yaitu: penggunaan fasilitas belajar, kreativitas siswa, dan prestasi belajar mata pelajaran gambar teknik dasar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari, (2) mengetahui pengaruh penggunaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran gambar teknik dasar, (3) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran gambar teknik dasar, (4) pengaruh penggunaan fasilitas belajar dan kreativitas siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran gambar teknik dasar. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah semua Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari yang berjumlah 63 siswa. Dengan jumlah responden sebanyak 53 siswa. Data penggunaan fasilitas belajar dan kreativitas siswa dikumpulkan dengan angket dan observasi, sedangkan data prestasi belajar mata pelajaran gambar teknik dasar dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) tingkat penggunaan fasilitas belajar termasuk dalam kategori tinggi, dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang (64,15%), (2) tingkat kreativitas siswa termasuk dalam kategori tinggi, dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang (52,83%), (3) tingkat prestasi belajar gambar teknik dasar termasuk dalam kategori tinggi, dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang (33,96%), (4) penggunaan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar gambar teknik dasar dengan koefisien korelasi sebesar 0,504, (5) kreativitas siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar gambar teknik dasar dengan koefisien korelasi sebesar 0,482, (6) penggunaan fasilitas belajar dan kreativitas siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar gambar teknik dasar dengan koefisien korelasi sebesar 0,560 dan faktor determinan sebesar 0,313 (31,3)%. Kata kunci: penggunaan fasilitas belajar, kreativitas siswa, dan prestasi belajar gambar teknik dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22593

Actions (login required)

View Item View Item