PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA VCD FILM KARTUN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PEGANDEKAN

Mardianti, Sefi (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA VCD FILM KARTUN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PEGANDEKAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sefi Mardianti - NIM 09108244076 .pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Pegandekan menggunakan media VCD film kartun. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Pegandekan yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan, siklus II terdiri dari 3 pertemuan, sedangkan Siklus III terdiri dari 1 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes belajar dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media VCD film kartun dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek siswa kelas V SD Negeri 1 Pegandekan. Hal ini ditunjukan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata menyimak cerita pendek siswa pada pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) nilai rata-rata evaluasi pra siklus siswa sebesar 57,31 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 30%, (2) nilai rata-rata evaluasi siklus I meningkat 12,20 menjadi 69,51 dengan persentase pencapaian KKM meningkat 30% menjadi 65%, (3) nilai rata-rata evaluasi siklus II meningkat 14,63 menjadi 84,14 dengan persentase pencapaian KKM meningkat 35% menjadi 100%, dan (4) nilai rata-rata evaluasi siklus III meningkat 0,39 menjadi 84,53 dengan presentase pencapaian KKM 100%. Kata kunci: keterampilan menyimak, cerita pendek, media VCD film kartun, siswa kelas V SD Negeri 1 Pegandekan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Jul 2015 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22590

Actions (login required)

View Item View Item