PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GADINGAN KECAMATAN WATES

Istanti, Rini (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GADINGAN KECAMATAN WATES. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi Rini Istanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gadingan Kecamatan Wates. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya motivasi belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7-17 April 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gadingan kecamatan Wates kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner, dan tes. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean kelompok eksperimen yaitu 81,82 berada pada kategori motivasi belajar sangat tinggi dan mean kelompok kontrol yaitu 71,42 berada pada kategori motivasi belajar tinggi. Selain itu, hasil nilai evaluasi kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL)mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gadingan kecamatan Wates. Kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), motivasi belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Jul 2015 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22587

Actions (login required)

View Item View Item