PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEBONDALEM LOR

Wati, Nila Merdeka (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEBONDALEM LOR. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
NILA MERDEKA WATI_11108241087.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Kebondalem Lor tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah motivasi belajar IPA sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Kebondalem Lor yang berjumlah 58 siswa, 30 siswa dari kelas VB dan 28 siswa dari kelas VA. Kelas VB sebagai kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning sedangkan kelas VA sebagai kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan membandingkan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar IPA. Hal tersebut dibuktikan dari hasil mean pada kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok kontrol, yaitu 87,70 > 77, 21. Kata kunci: motivasi belajar IPA, model Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Jul 2015 01:58
Last Modified: 07 Sep 2015 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22584

Actions (login required)

View Item View Item