PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENGETAHUI POLA PERSEBARAN DAN LOKASI POTENSIAL PEMBANGUNAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM DI KABUPATEN SLEMAN

Wijaya, Krisna (2011) PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENGETAHUI POLA PERSEBARAN DAN LOKASI POTENSIAL PEMBANGUNAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 06405241042.swf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 06405241042.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola persebaran SPBU Pasti Pas dan SPBU biasa, membuat peta klasifikasi unit – unit lahan di Kabupaten Sleman untuk lokasi potensial pembangunan SPBU, dan mengetahui tingkat kesesuaian lokasi SPBU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kompleks wilayah yang dilaksanakan di Kabupaten Sleman. Variabel untuk penelitian ini adalah penggunaan lahan, aksesibilitas, sarana umum, jaringan jalan, kepadatan penduduk, kepadatan lalu lintas, dan jarak antar SPBU. Populasi dalam penelitian ini adalah unit – unit lahan di wilayah Kabupaten Sleman. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Data sekunder didapat dari metode dokumentasi yaitu peta penggunaan lahan, peta jaringan jalan, peta kepadatan penduduk, peta administrasi, dan hasil registrasi penduduk tahun 2008, sedangkan data primer didapat dengan metode observasi untuk mengetahui titik koordinat SPBU-SPBU di Kabupaten Sleman. Teknis analisis data menggunakan teknik overlay dan buffering dengan menggunakan software Arc View 3.3. Hasil penelitian ini adalah, (1) Persebaran lokasi SPBU di Kabupaten Sleman dominan terletak di sepanjang jalan – jalan nasional dan provinsi dengan membentuk pola menyebar (random) mengikuti bentuk ruas – ruas jalan. SPBU Pasti Pas persebarannya di ruas – ruas jalan nasional dan provinsi, sedangkan SPBU Biasa persebarannya di ruas – ruas jalan kabupaten dan kecamatan. (2) Klasifikasi wilayah Kabupaten Sleman untuk lokasi potensial pembangunan SPBU adalah sebagai berikut : (a) sebagian besar wilayah dengan kategori potensial berada di wilayah aglomerasi Kota Yogyakarta yaitu Kecamatan Depok tepatnya di Jalan Solo km. 6-7 dan Ring Road Utara Maguwoharjo karena belum terdapat SPBU namun faktor pendukungnya tinggi. (b) Wilayah yang termasuk kategori cukup potensial terdapat di hampir semua ruas jalan yang dijadikan sampel penelitian yaitu Ring Road Utara dan Barat, Jalan Magelang, Jalan Wates, Jalan Kaliurang di Kecamatan Depok dan Ngaglik, perempatan Jalan Godean dengan Jalan Seyegan – Tempel, dan Jalan Tempel Moyudan di Kecamatan Tempel . (c) Wilayah yang termasuk kategori kurang sesuai yaitu Jalan Wonosari, Jalan Kaliurang di Kecamatan Ngemplak, Jalan Godean km. 8, dan Jalan Moyudan - Tempel. (d) Wilayah yang tidak potensial untuk pembangunan SPBU adalah di wilayah Jalan Kaliurang paling utara di Kecamatan Pakem. Kata kunci : Sistem Informasi Geografis, lokasi potensial, SPBU.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 03:29
Last Modified: 30 Jan 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22572

Actions (login required)

View Item View Item