PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS X UNTUK POKOK BAHASAN PERAIRAN LAUT

Dewi, Nur Rofi‟ah (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS X UNTUK POKOK BAHASAN PERAIRAN LAUT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dewi Nur Rofi'ah(05405241035).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: F

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran geografi yang berbentuk CD (Compact Disk) pembelajaran untuk siswa SMA Kelas X pada materi pokok „Perairan Laut‟ yang valid menurut ahli media dan ahli materi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan media pembelajaran geografi ini melalui 3 tahapan, yaitu; Tahap I, meliputi pengumpulan materi, penyusunan instrumen penilaian kualitas media pembelajaran. Tahap II, meliputi pembuatan CD pembelajaran geografi, Validasi CD pembelajaran oleh dosen pembimbing, validasi CDpembelajaran oleh ahli media dan ahli materi untuk memperoleh masukan. Tahap III, yaitu melakukan penilaian dengan menyertakan instrumen penilaian terhadap 30 orang siswa mengenai kualitas produk yang dihasilkan, yang dilanjutkan dengan revisi produk tahap akhir. Hasil pengembangan ini adalah produk CD pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan penilaian oleh siswa, dengan hasil sebagai berikut, (1) penilaian terhadap aspek pembelajaran dan aspek isi menurut ahli materi adalah baik dengan rata-rata nilai 4,00 dan 3,62, (2) penilaian terhadap Aspek pemrograman dan aspek tampilan menurut ahli media adalah sangat baik dan baik dengan nilai 4,25 dan 3,72 (3) penilaian terhadap aspek tampilan, aspek isi dan aspek pembelajaran menurut 30 orang siswa SMA adalah baik dengan rata-rata nilai 3,80; 3,97 dan 4,17. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk CD pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar validasi dari ahli media dan ahli materi. Kata Kunci: Pengembangan media Pembelajaran, CD pembelajaran geografi, Perairan laut, SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22568

Actions (login required)

View Item View Item