EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KALASAN

Bahtiar, Muslim (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pencapaian hasil belajar siswa secara optimal. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran dapat dilhat dari perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran dan siswa yang tidak menggunakan modul pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IX SMP Negeri 4 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang terdiri atas 103 siswa, sampel penelitian dipilih atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengambilan sampel penelitian pada populasi kelas IX dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yang menghasilkan kelas IX A sebagai kelas kontrol dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen. Kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah kelas IX A sebanyak 28 siswa dan kelas IX B sebanyak 25 siswa. Kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan menggunakan modul pembelajaran sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan modul dalam proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji-t. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Untuk menganalisis data hasil tes pembelajaran menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar atau rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 85 dan rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 89,6. Ujit pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa t hitung 8,753 > t 0,188 dalam taraf signifikan 5 %. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan bahwa t 2,303 > t tabel tabel 0,029 dalam taraf signifikan 5%. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan modul pembelajaran memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajaran tanpa menggunakan modul dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22557

Actions (login required)

View Item View Item