KEEFEKTIFAN MEDIA FUN STORY POP-UP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TEMANGGUNG

Syafa'ati, Ganis (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA FUN STORY POP-UP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Ganis Syafa’ati-11201241008.pdf

Download (115MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis cerita pendek siswa kela VII SMP Negeri 6 Temanggungantara kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media fun story pop-up dan kelompok yang diberi perlakuan secara konvensional (tanpa menggunakan media fun story pop-up. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media fun story pop-up dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa media fun story pop-up dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerita pendek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Temanggung. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas VIIC dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis cerita pendek pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media fun story pop-up dan pada kelompok kontrol tanpa menggunakan media fun story pop-up. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh thitung uji-t yang dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer SPSS 16.0. Uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan thitung (th) 5,363 dengan db 62 diperoleh nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari 0,050 (p<0,050). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media fun story pop-up efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek, dibuktikan dengan hasil uji-t pada pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh thitung (th) -5.093 dengan db 31 diperoleh nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari 0,050 (p<0,050). Pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh thitung (th) - 17.348 dengan db 31 dan diperoleh p 0,000. Nilai p lebih kecil dari 0,050 (p<0,050). Selain itu, keefektifan media fun story pop-up dibuktikan dengan pengujian gain score. Hasil pengujian gain score kelompok eksperimen sebesar 0,3409 lebih besar dibandingkan dengan gain score kelompok kontrol 0,1330.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item