Alfian, Banuarli (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN KONVENSIONAL DALAM MATA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF SEPEDA MOTOR PADA SISWA KELAS X JURUSAN SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, UNY.
|
Text
Alfian Banuarli - 10504247008.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN KONVENSIONAL DALAM MATA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF SEPEDA MOTOR PADA SISWA KELAS X JURUSAN SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO Oleh: Alfian Banuarli NIM 10504247008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dalam mata pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar dengan metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT dan Konvensional dalam mata pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain true experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro tahun pelajaran 2011/2012. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster-random sampling. Adapun yang dimaksudkan sebagai klaster adalah kelas pada sekolah. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X MTR A sebagai kelas eskperimen dan kelas X MTR C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan, serta uji hipotesis dengan Uji-T Sampel Berkorelasi (Paired t-Test) dan Uji-T Sampel Independen (Independent t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dalam mata pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, dan ada perbedaan hasil belajar dengan metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT dan Konvensional dalam mata pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Dengan kata lain, penggunaan metode pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: hasil belajar, Dasar Otomotif Sepeda Motor
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 02:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22555 |
Actions (login required)
View Item |