PENERAPAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SUSPENSI OTOMOTIF SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN

Alfat, Khaharsyah (2015) PENERAPAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SUSPENSI OTOMOTIF SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Alfat Khaharsyah 105042427016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SUSPENSI OTOMOTIF SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN Oleh : Alfat Khaharsyah 10504247016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 4 Klaten pada mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif melalui penerapan metode pembelajaran drill. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran drill. Sistematika penelitian menggunakan III siklus. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Chasis dan Suspensi Otomotif kelas XI OB yang berjumlah 31 siswa. Aspek yang diteliti meliputi aktivitas siswa yang menunjukkan partisipasi, serta hasil belajar siswa berupa evaluasi sebagai indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan dengan pembagian handout, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran drill pada setiap siklusnya, selanjutnya dilakukan post test di setiap akhir pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya rata-rata aspek partisipasi pada siklus I sebesar 38,15%, pada siklus II sebesar 63,87% dan pada siklus III sebesar 70,03%. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 7.16, pada siklus II sebesar 7.5 dan pada siklus III sebesar 8.08, ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 54,83%, pada siklus II sebesar 77,41% dan pada siklus III sebesar 96.77%. Kata kunci : partisipasi, hasil belajar, model pembelajaran drill.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Jul 2015 02:40
Last Modified: 30 Jan 2019 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22545

Actions (login required)

View Item View Item