MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI MLM (MULTY LEVEL MARKETING) TIANSHI DI YOGYAKARTA (Studi pada Stokis Jl. Pattimura No. 9 Kota Baru, Yogyakarta)

Widihastuti, Sri (2011) MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI MLM (MULTY LEVEL MARKETING) TIANSHI DI YOGYAKARTA (Studi pada Stokis Jl. Pattimura No. 9 Kota Baru, Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan MLM Tianshi saat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. MLM Tianshi merupakan salah satu jenis MLM yang bergerak dalam bidang makanan kesehatan, perawatan kecantikan, dan perawatan rumah tangga. MLM Tianshi memiliki modal sosial di dalam strategi kinerjanya. Modal sosial merupakan elemen penting dalam suatu bidang usaha MLM karena modal sosial mengandung sumber-sumber daya aktual atau virtual (tersirat) yang berkembang pada seorang individu atau sekelompok individu karena kemampuan untuk memiliki suatu jaringan yang dapat bertahan lama dalam hubungan-hubungan yang lebih kurang telah diinstitusikan berdasarkan pengetahuan dan pengenalan timbal balik. Ada pun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui modal sosial yang terdapat dalam MLM Tianshi dan mengetahui modal sosial dalam strategi MLM Tianshi di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dalam pengambilan data. Penelitian dilakukan di stokis Tianshi di Jl. Pattimura no. 9 Kota Baru, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan alasan peneliti selama mengambilan sampel dalam penelitian menggunakan pertimbangan tertentu dengan cara memilih orangorang yang bergabung dalam Tianshi karena mereka paham dengan MLM Tianshi tersebut sehingga peneliti dapat mencari data dengan mudah. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Peneliti memilih sumber yaitu mahasiswa sebagai distributor Tianshi dan masyarakat, peneliti juga menggunakan metode observasi dan wawancara sehingga diperoleh keabsahan data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan hasil penelitian bahwa 1) MLM (Multy Level Marketing) Tianshi sebagaimana suatu lembaga memiliki modal sosial yaitu kepercayaan, jaringan dan norma. 2) Modal sosial dalam strategi MLM (Multy Level Marketing) Tianshi adalah kepercayaan yang dilakukan dengan cara melakukan presentasi danmemakai produk, jaringan yang dilakukan dengan melakukan prospecting, dan norma yang harus dipatuhi distributor meliputi norma tidak tertulis yaitu kepribadian, pengetahuan dan norma tertulis. Kata kunci: Modal Sosial, Strategi, MLM Tianshi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22539

Actions (login required)

View Item View Item