PRAGMATISME PEMILIH DALAM PEMILU (Studi kasus pada pemilu legislatif 2009 di Desa Karangrejo, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen)

Fitra, Joko (2011) PRAGMATISME PEMILIH DALAM PEMILU (Studi kasus pada pemilu legislatif 2009 di Desa Karangrejo, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemilu merupakan sarana guna memberikan jaminan terhadap individu memilih sosok yang menurut mereka paling pantas sebagai pengemban amanat dan kedaulatan mereka. Pemilu merupakan suatu bentuk partisipasi politik yang bersifat periodik. Namun dalam pelaksanaanya pemilu hanya diambil manfaat secara langsung saja. Pelaksanaan pemilu legislatif 2009 di Desa Karangrejo tidak terlepas dari pragmatisme pemilih dalam pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pragmatisme pemilih dalam pemilu dan faktor pendorong pragmatisme pemilih dalam pemilu legislatif 2009 di Desa Karangrejo, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data utama yang terdiri dari pemilih, calon anggota legislatif yang berhasil maupun yang gagal duduk di DPRD Kebumen periode 2009-2014, dan panwaslu Desa Karangrejo, kemudian sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan analisis datanya menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Karangrejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen. Berdasarkan pembagian luas wilayah sebagian besar luas wilayah Desa Karangrejo adalah tegal/ladang. Menurut data potensi Desa Karangrejo menunjukkan bahwa Desa Karangrejo terbagi menjadi 5 Rw dan 13 RT. Desa Karangrejo termasuk dalam tipologi desa sekitar hutan. Desa Karangrejo berjarak 25 Km dari pusat pemerintahan Kecamatan Karanggayam dan 19 Km dari pusat pemerintahan Kabupaten Kebumen.Bentuk pragmatisme pemilih dalam pemilu legislatif 2009 di Desa Karangrejo terdapat empat bentuk, yaitu: bentuk permintaan kompensasi uang secara kolektif, bentuk permintaan kompensasi uang secara individu, bentuk permintaan kompensasi barang secara kolektif, dan bentuk pertukaran kepentingan. Pragmatisme pemilih tersebut didorong oleh empat faktor yaitu: hilangnya kepercayaan pemilih terhadap calon anggota legislatif, eksistensi pemilih dalam lingkungannya, desakan ekonomi pemilih dan permainan kotor calon anggota legislatif. Kata kunci: pemilu, pemilih, pragmatisme

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22538

Actions (login required)

View Item View Item