FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENGGUNAKAN JASA PENGGILINGAN PADI KELILING (Penelitian pada Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta)

Susiloningsih, Endang (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENGGUNAKAN JASA PENGGILINGAN PADI KELILING (Penelitian pada Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Jasa Penggilingan Padi Keliling adalah Jasa Penggilingan Padi yang dalam pengoperasian kerjanya keliling dari tempat satu tempat ke tempat lain yang berroda tiga (3), menggunakan motor sebagai penggeraknya yang berbahan bakar bensin, dan menggunakan solar pada mesin dieselnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan masyarakat yang ada di Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta dalam memilih menggunakan Jasa Penggilingan Padi Keliling serta untuk mengetahui dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya Jasa Penggilingan Padi Keliling. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer terdiri dari penyedia Jasa Penggilingan Padi Keliling, dan pengguna Jasa Penggilimgan Padi Keliling sedangkan untuk data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling bertujuan (purposive sampling). Teknik validitas data menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menggunakan Jasa Penggilingan Padi Keliling adalah: a. praktis, b. efektif, c. efisien, d. ekonomis, dan e. komunikatif, dan f. tidak puas dengan Jasa Penggilingan Padi Tetap. 2) Terdapat dampak positif dan negatif yang dihasilkan dari keberadaan Jasa Penggilingan Padi Keliling. Dampak positif diantaranya: jika harga “dedak” tinggi maka tidak membayar ongkos malah diberi uang. Dampak negatif diantaranya: hasil takarannya tidak sesuai, banyak berkurang sehingga pelanggan mengalami kerugian, dari proses penggilingannya tidak kelihatan karena tertutup (dalam karung), beras dan “dedak” tercampur akibatnya tidak terdeteksi kemana beras itu hilang, pelanggan pun merasa kecewa. Kata kunci: masyarakat, penggunaan jasa, penggilingan padi keliling, Sewon, Bantul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22535

Actions (login required)

View Item View Item