PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM DI BOYOLALI

Dwi Lestanti, Dwi (2015) PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM DI BOYOLALI. S1 thesis, FE.

[img]
Preview
Text
Jurnal_Dwi Lestanti_13812145003.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pengetahuan Akuntansi terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali; (2) Pengaruh Pengalaman Usaha terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali; (3) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali dan (4) Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif. Populasi berjumlah 190 unit usaha. Sampel sebanyak 130 pelaku usaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas terdapat 1 pernyataan gugur pada variabel (X1) dan 1 pernyataan gugur pada variabel (X2). Hasil uji reliabilitas nilai Cronbach’s Alpha 0,6 yang artinya semua pernyataan reliabel. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji asumsi klasik (uji mutikolinieritas dan uji heteroskedastisitas). Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengetahuan Akuntansi terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali, ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,742, nilai t hitung > t tabel (6,969 > 1,657) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,050) (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengalaman Usaha terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali yang ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,350, nilai t hitung > t tabel (2,851 > 1,657) dan nilai signifikansi (0,005 < 0,050) (3) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Kerja terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali yang ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,168, nilai t hitung < t tabel (1,1381 < 1,658) nilai signifikansi (0,234 > 0,050) (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali dengan koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,271, F hitung > F tabel (21,185 > 2,680) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,050).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22514

Actions (login required)

View Item View Item