KEEFEKTIFAN STRATEGI PROBLEM POSING LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 BANTUL

Hidayati, Novia (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PROBLEM POSING LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NOVIA HIDAYATI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuanmenulis cerpen antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi Problem Posing Learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi ProblemPosing Learning, dan (2) menguji keefektifan startegi Problem Posing Learning dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMPN 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Bantul. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dengan pretest dan posttest berupa tes menulis cerpen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi berupa expert judgement. Reabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien Alpha Cronboach. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dengan teknik Komolgorov Smirnov dan uji homogenitas dengan teknik One Way Anova. Hasil analisis uji-t skorposttest kemampuan menulis cerpen kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung 2,170 dan p sebesar 0,035 (p<0,05). Hasil analisi uji-t berhubungan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar -3,236dan nilai p sebesar 0,003(p<0,05). Adapun kenaikan skor rata- ratakelompok eksperimen sebesar 6 dan kelompok kontrol sebesar 2. Berdasarkan hasil analisis ini, dapat dismpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi Problem Posing Learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi ProblemPosing Learning, (2) startegi Problem Posing Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMPN 3 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item