KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PRAMBANAN

Ramadhani, Rikha Vivit (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PRAMBANAN. S1 thesis, Univesitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIKHA VIVIT RAMADHANI 11201241014.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Pertama, mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi think-talk-write dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi think-talk-write pada siswa kelas VII SMP Negeri I Prambanan. Kedua, menguji keefektifan strategi think-talk-write dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri I Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Prambanan. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling dan diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan pretes dan postes berupa tes objektif. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang dihitung dengan progam Iteman. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dengan teknik Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan teknik One Way Anova. Hasil analisis uji-t independen data postes kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung 2,184 dan p sebesar 0,033 (p<0,05). Hasil analisi uji-t berhubungan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar -4,790 dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Adapun kenaikan skor kelompok eksperimen sebesar 2,187 dan kelompok kontrol sebesar 0,906. Berdasarkan hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi think-talk-write dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi think-talk-write pada siswa kelas VII SMP Negeri I Prambanan, (2) strategi think-talk-write efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri I Prambanan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item