UPAYA MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN PASING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PERMAINAN BOLA PANTUL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GLAGAHOMBO I TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Bernadicta Sri Hartati, UPAYA MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN PASING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PERMAINAN BOLA PANTUL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GLAGAHOMBO I TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Bernadicta Sri Hartati _13604227040.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang minatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran bolavoli. Karena siswa takut sakit terkena bola voli, malas, tidak bergairah, guru kurang kreatif dalam menciptakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan minat pembelajaran pasing bawah permainan bola voli dengan permainan bola pantul pada siswa kelas IV SD Negeri Glagahombo I Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Desain penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dalam 1 siklus, 2 kali pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas IV SD Negeri Glagahombo 1 yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan minat belajar bola voli melalui permainan bola pantul. Teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas belajar untuk meningkatkan minat pembelajaran passing bawah permainan bola voli dengan permainan bola pantul yang bervariasi pada siswa kelas IV SD Negeri Glagahombo I Tempel Sleman Yogyakarta menunjukan tingkat minat belajar siswa sebanyak 28 siswa atau 77,77% berkategori tinggi, sebanyak 8 siswa atau 22,22% berkategori sedang dan sebanyak 0 siswa atau 0% berkategori rendah. Sebagai dampak dari tingkat minat belajar siswa yang tinggi tersebut maka secara keseluruhan terdapat 33 siswa atau 91,6% tuntas belajar dan 3 siswa atau 8,4% belum tuntas belajar.Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasian penelitian yaitu 75% siswa mempunyai tingkat minat belajar pada kategori tinggi, sehingga tidak perlu adanya tindakan lanjut pada pertemuan selanjutnya

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektifitas belajar, minat belajar, bola pantul
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 07:38
Last Modified: 13 Jul 2015 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22452

Actions (login required)

View Item View Item